Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

17/10/08

gLoBAL WaRMINg di duNia GreenSavana



Jarum jam baru saja menunjuk angka 10 lebih 17 menit pagi ni, tapi cuaca di luar sudah terasa panas. aq ngga tau apa yang terjadi dengan dunia greensavana-ku. belakangan matahari memang bersinar semakin garang, ngga ada ampun untuk kami makhluq-makhluq kecil yang harus bertarung dengan hidup di jalanan. . . Fiuhh, ujian kesabaran no 10.

Ingatanku melayang pada pertanyaan seorang peri kecil berambut ikal yang dilontarkannya padaku sore kemarin,...
"Mba', apa sih global warming itu?"
Aq membatin dalam hati, pastilah kata-kata itu ia temui di buku pelajaran kelas 4 SD, atau dari obrolan kaum idealis yang jengah dengan  alam, atau mungkin juga dari jargon-jargon di televisi yang gaungnya sudah kalah jauh dibandingkan dengan jor-joran iklan kampanye para calon penguasa di luar sana...
"Ketika cuaca sudah semakin panas, lalu es di kutub utara sudah mencair, kemudian banyak pohon-pohon yang mati karena ulah penjagal - penjagal kayu... itulah global warming"
aku mencoba mnjelaskan dalam bahasa yang dipahaminya. namun tanpa kusadari peri kecil berambut ikal aq jauh lebih memahami penyebab panasnya cuaca pagi ini, melebihi perkiraanku.
" Karena terlalu banyak motor di jalan ya mba' ?"
aq tersenyum, " Iya, karena karbondioksida yang dihasilkan oleh knalpot motor itu ngga sehat buat kita. Bisa bikin lapisan ozon jadi tipis, jadi sinar ultraviolet yang ganas dengan leluasa masuk ke  bumi. Bikin suhu udara jadi panas, penyakit kanker kulit, pokoknya bumi tempat kita tinggal jadi ngga nyaman..... "
dia mengangguk. aq ngga tau apa yang dipikirkannya...
mungkin sinar ultraviolet dalam bayangannya ibarat nyala lampu neon 500 Megawatt yang semut saja bisa kegerahan jika lewat di bawahnya...

Semakin jahat saja dunia di luar sana..., tapi qt ngga boleh berburuk sangka terus kan pada alam ???
satu filosofi hidup yang kupelajari " bahwa siapa yang menanam, dialah jua yang kan menuai" dan itu berlaku untuk hal apapun. walau kadang ketika kita menanam tomat, belum tentu kita sendiri yang kan menikmati hasilnya. mungkin tetangga sebelah yang sedang membutuhkan sebiji dua biji tomat untuk sayur asamnya... Tapi toh itu suatu kebahagiaan juga, ketika apa yang kita miliki bisa memberi manfaat bagi orang lain. dan sebagai gantinya Tuhan memberikan gantinya berupa semangkuk sayur asam dari tetangga kita tercinta...

dan ketika dunia greensavana-ku sudah semakin panas seperti saat ini, aq putuskan untuk berhenti mengutuki keserakahan manusia.... capek hati dan bikin stresss.
2 kali 4 meter persegi halaman di depan rumah masih bisa ditanami. ada beberapa pot sri rejeki, dan beberapa makhluq berklorofil lain yang aq ngga tau namanya, pohon mangga yang baru kutanam beberapa bulan lalu, masih  menunggu mungkin 5 tahun lagi untuk berbuah, but that's okay.. sempat juga dulu mengembangkan beberapa spesies mawar... pngennya sih bikin taman bunga kayak punya anthony di serial komik "Candy Candy", tapi ngga tau napa mungkin karena ngga jodo kali ya, akhrnya taman mawar kecilku cm berumur beberapa bulan aja... sedih juga. tapi ngga papa. sekarang aq punya beberapa melati belanda yang ternyata lebih mudah hidup di kondisi panas dan juga hujan. ... 
langkah yang terlalu kecil ya untuk sebuah mimpi mengembalikan dunia greensavana-ku yang hijau ????
tapi aq yakin koq, ngga ada perbuatan baik sekecil apapun yang sia-sia. paling engga pas aq pulang dari teriknya jalanan ke gubuk kecilku, ada sedikit kesegaran disana.
ngga perlu kampanye keliling dunia, cukup mulai di depan halaman rumah qt. tanam satu pohon aja.Gimana dengan kamu ? Aku yakin kamu punya banyak cara lain yang bisa dibagi untuk nyelamatin bumi kita ....

2 komentar:

  1. Wah selamat bro...dikembangkan terus yo...!!!! Hehehe

    BalasHapus
  2. ok juga tuh ross...eh foto km mn oii kasih donk gambar yg menggambarkan global warming juga yg di hal tu..kan lebih asik dilihatnya..teruzzz tuangkan exkspresi mu ..ok GOOD LUKE..!!!

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.