Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

24/07/09

Requiem Subuh

Langit menyisakan pekat pada sebuah ujung subuh,
Di ufuk timur Venus bertahta dengan anggun
Menyabdakan seolah hanya ia penguasa malam

Daun-daun sujud,
Gunung-gunung takluk,
Angin bertahmid membisikkan ketundukan

Sementara bagi jiwa-jiwa pesakitan
Kotak hidup hanya menyisakan pagi yang meradang
Menapaki gulita asa dalam distorsi cahaya
Kemudian jatuh terkulai
Seperti kuncup Epiphyllum Oxypetalum yang gugur sebelum mekar
Menetes bersama gutasi mimpi

Luput telah menjatuhkanku dalam ordinat paling rendah dalam kurva hidup
Kelam, mengendap, dan berjelaga
Lebur dalam musim yang menua

Rembulan pucat pasi dalam diameter yang sempurna
Tak rela beranjak,
Seperti kabut yang enggan menggulung petang
Bahkan matahari yang kunanti pun tak sudi mengulum senyum

Sang hidup terus merotasikan waktu,
Menyisakan masa bagi nafas-nafas yang hendak memeluk hari,
mencangkuli bumi
Akankah pagi berkereta bersama mereka ?
Ataukah lelap tertimbun bersama Terracotta ?

21 komentar:

  1. Sebuah endapan rasa tentang "Subuh" yang mantap. Nice posting.

    BalasHapus
  2. woooowww puisi yang kerennnn...siiip bro.....

    BalasHapus
  3. Epiphyllum Oxypetalum = Wijaya Kusuma

    Ada apa nih? Apa ada maksud tersembunyi?

    *curiga mode on*

    BalasHapus
  4. suasana subuh..
    salah satu moment istimewa yg kadang terabaikan..
    selamat menikmati wkt subuhmu,
    salam kenal
    ^_^

    BalasHapus
  5. subuh yang indah pastinya ya????
    semngattttt kawan

    BalasHapus
  6. iwan : hehe, kebetulan rima sajaknya cocok gituw wan...

    BalasHapus
  7. shubuh adalah awal semua hari yg diciptakan Allah. Puisi manis, Rosi.

    BalasHapus
  8. Puisinya keren juga. Ternyata jago juga buat puisi ya..?

    BalasHapus
  9. kata kata puisinya bercampur dengan ilmu pengetahuan jarang jarangnih yang keren seperti ini....tapi sayangnya aku belum bisa mengungkap maknanya...! thanks ya

    BalasHapus
  10. merinding aku bacanya, aku pingin banget bisa buat puisi, ajarin dunggg (ngarep mode on)

    BalasHapus
  11. sebuah puisi yang mengingatkan kita semua...

    salam kenal,

    BalasHapus
  12. wah puisinya buat aq ya...makacih yah....hahahaha

    BalasHapus
  13. bayu : *mringis mode on*
    angga chen : pnilaian yg terlalu brlebihan, kawan. jujur awalnya pgin meluapkan smua pekat dlm hati pas mau nulis ini, tp ngga tau napa jadinya malah ngalir ke suasana subuh hari . tp sy kira poinnya ada di bait 3 dan 4

    BalasHapus
  14. Selamat malam...sukses selalu ya...

    BalasHapus
  15. Tentu masih ingat, mbak Rosi.
    ya, moga akhir tahun ini atau awal tahun depan buku itu bisa diselesaikan.

    Sukses buat mbak Rosi dan radionya.
    Blog kamu bagus dan memuat banyak wawasan.

    trims,
    B.

    BalasHapus
  16. judul itu maksudnya "requem" atau "requiem"???
    puisi yang bagus dan dalam sekali maknanya ^^

    BalasHapus
  17. henny : trimakasi uda dikoreksi, yup yg bener requiem. Menurut Janet E. Steele dari George Washington University requiem adalah doa untuk orang yang meninggal dalam bentuk musik. Sebagai contoh Requiem Mozart tertulis tahun 1791 dengan gaya classical dan baroque. Requiem subuh di sini sy maksudkan lebih kpd suasana jiwa yang sedang benar2 hampa, tak sanggup memandang pagi hingga seperti mau mati ....

    BalasHapus
  18. ya...kirain ada update-an puisi yang baru...wakakak...mantap...lanjutkan

    BalasHapus
  19. subuh dan sore adalah suasana paling menyenangkan...subuh= suasana sejuk, banyak embun, burung berkicau, seger banget...sore=waktu santai setelah seharian beraktivitas, bisa saling bercakap-cakap dengan tetangga, baca buku,...dll..sukses terus

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.