Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

10/08/09

Mencari Jalan Buat Jiwa

Beberapa waktu tidak mengunjungi blog ini. Kangen sekali rasanya. Blog yang dilahirkan untuk pertama kalinya dengan semangat dan idealisme. Tentang keresahan hati, keterbatasan diri untuk berbuat sesuatu, tentang isi kepala yang tidak tersampaikan karena belum tentu setiap orang bersedia mendengar. Tentang pemikiran yang mungkin bersebrangan dan melawan arus.

Tentang kejujuran menjadi diri sendiri karena pada kenyataannya tidak semua orang mampu mengungkapkan jati diri. Lagipula postulat hidup telah memperlihatkan bahwa manusia kebanyakan hanya dinilai dari penampilan luarnya. "The Way I am", menjadi diri sendiri apa adanya, begitulah kira-kira alasannya. Meskipun dibuat dengan tertatih-tatih karena si pembuatnya adalah seorang yang gaptek yang minus ilmu tentang cyber space.

Belakangan, ketika berbagai masalah mendera jalan hidup, datang bergantian mengakrabi nasib. Kran semangat menulis itupun seakan ikut macet. Tenaga dan pikiran tersedot, lalu hanya menyisakan eksistensi malas dan murung yang hampir menyentuh stadium lanjut.

Namun, manusia mana yang hidup tanpa masalah ? Di atas Langit masih ada langit. Mengapa pemikiran saya jadi begitu sempit ? Bukankah segala masalah adalah intisari kehidupan yang membedakan seseorang dengan zombie? Tuhan, ternyata jiwa ini masih begitu kerdil.

Perkataan seorang teman di tempo hari seakan menjadi energi listrik yang meletup menyalakan kran semangat ini.
"Ketika engkau menghadapi masalah, bicaralah. Biarkan seseorang meringankan bebanmu, atau paling tidak bicaralah pada secarik kertas. Dengan menulis engkau akan mampu melihat lebih jauh dalam perspektif yang berbeda".

Dengan menulis, semua masalah akan terlihat lebih nyata dalam urutan yang logis dan sistematis ibarat matriks-matriks yang siap dimanipulasi dalam hitungan. Menulis, hhmmm.. sebuah ritual yang beberapa waktu ini terabaikan karena kesibukan yang semu. Mudah-mudahan jiwa ini bisa mencari jalannya untuk segera kembali.

13 komentar:

  1. Ingat pada sebuah buku (lupa judulnya)ada kutipan dari Imam Ali yang menegaskan agar kita mengikat ilmu dengan menuliskannya. Karena itu, menulis merupakan kegiatan hidup yang amat bernilai tinggi dan mulia. Sebab dengan menulis, hidup kita akan terasa lebih berarti.

    so, keep writing...
    sebagai pembebasan jiwa...
    menulis adalah sesuatu hal yang indah (beauty) and beauty is really worth preserving...

    BalasHapus
  2. Selamat malam Rosi. Tulisan menarik. Ya menulis bisa berarti memberi jalan buat jiwa menemukan salurannya. Tulisan mengalir lalu berpendar pada kosmis, vibrasinya menyentuh sudut-sudut semesta, idenya memperkaya semesta.

    Tidak ada kehidupan tanpa masalah, bila kita renungkan hakekatnya, malah memperkaya jiwa.

    BalasHapus
  3. Untung mbak Rosi segera 'sadar'. Memang, menulislah terus! Saat tak ada topik yg keluar dalam otak kita, menulislah ttg hal yg kita tahu pasti: hidup kita sendiri.

    BalasHapus
  4. Sore, mbak Rosi. Inspirasi menggunung adalah dari jiwa yg merdeka dan hati yg tulus.

    BalasHapus
  5. semangat nulis terus ya mbak... aku selalu menanti semua tulisanmu...
    yang aku tahu,,menulislah dengan hati...

    BalasHapus
  6. semangat untuk terus menulis ya mbak...
    jangan biarkan kesibukan yang semu menghambat kebebasan jiwa anda. :)
    di tunggu tulisan-tulisan berikutnya ya mbak..

    BalasHapus
  7. malem..
    mampir sejenak, menikmati setiap kata dan kalimat disini...

    trims buat komennya td.. :)

    BalasHapus
  8. Mampir di larut malam. Sebuah kunjungan puitik. Kangen membaca lagi di sini.

    BalasHapus
  9. Belajar Mendengar
    Belajar Mendengar
    Belajar Mendengar
    769 kali. . .
    (ehmmm... tapi kayakna lebih tepat Belajar Membaca deh.. ?! )

    Belajar Membaca
    Belajar Membaca
    Belajar Membaca
    2616 kali. . .
    hiks

    BalasHapus
  10. moga hilanglah semua masalah

    BalasHapus
  11. menulis memang membuat jadi sistematis...

    BalasHapus
  12. Masalah mampu mendewasakan kita, hidup tanpa bagai sayur tanpa garam. Kita harus yakin dibalik setiap masalah tersimpan banyak ilmu dan solusi.

    Selamat pagi. Selamat berjuang.

    BalasHapus
  13. Buat para sahabatyang telah mampir dan rela meninggalkan komentar di postingan ini. trimakasih. tulisan motivasi kalian serasa meledak menjadi pecahan atom2 semangat yang membuncah di jiwa...

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.