Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

26/12/10

Refleksi

Lima hari menjelang lembar 2011. Lima hari tersisa untuk sebuah refleksi, mengkaca diri. Apa saja yang telah tertulis dalam catatan hidup kita setahun ini.

Setiap manusia tentu berharap yang terbaik dalam hidup. Kehidupan yang cukup, pasangan yang setia, anak-anak yang lucu, status dan citra terhormat. Kehidupan yang sempurna tanpa retak. Namun adakalanya semua tak berjalan sesuai harapan. Semua yang dikalkulasi meleset jauh dari perkiraan. Kegalauan, keresahan, kegundahan meleburkan rasa tidak berdaya.

Ya, sebab memang bukan kitalah penentu ujung dari setiap ikhtiar itu. Otoritas kita hanya sebagai lakon yang diberi pilihan. entah bagaimana akhir dari pilihan itu tergantung pada Sang Hidup membuatnya.

Tiap kegagalan, ketidak berhasilan, dan rasa sakit tentu menyimpan pelajaran tentang hidup. Tak perlu menyesalinya. Jika kita mampu berdiri tegak di atas itu semua dan mengambil untaian hikmah yang tersimpan, maka rasa lapang akan memenuhi rongga jiwa.

Dunia ini tempat manusia buat "dicoba", buat "diuji", begitu sabda Qur'an. Ada ujian kebahagian, kesuksesan, juga ada kalanya buat kesedihan, kegagalan. Tinggal bagaimana kita sebagai hamba mampu bertahan dengan segala keikhlasan atas itu semua. Memang tidak mudah, tapi selalu saya coba ingatkan diri sendiri, "pasti semua ada hikmahnya.." . Mungkin ujian yang mendera kali ini akan menempa kita menjadi dewasa dan lebih bijak dalam memandang hidup.

Setelah kemarau pastilah akan tiba penghujan. Setiap kesulitan disertai dengan kemudahan. Setiap persoalan telah ada kunci-kunci jawabannya...

Maka sekarang adalah saatnya menyeka air mata duka, menggulung gundah dan prasangka, menyerap pelajaran dari setiap episode yang menyinggahi nafas kita...
Besok pastilah ada asa....




8 komentar:

  1. refleksi diri ibarat bercermin yang menampakkan wujud asli kita, kadang ada yang bisa diperbaiki kdg pula ada yg tak bisa dirubah lagi :) btw selamat menempuh hidup baru ya (telat) doakan aku bisa sgra menyusul :)

    BalasHapus
  2. aku juga pengen refleksi setelah ini...

    BalasHapus
  3. Setelah kemarau pastilah akan tiba penghujan. Setiap kesulitan disertai dengan kemudahan. Setiap persoalan telah ada kunci-kunci jawabannya... ---> aku jadi semangat nih setelah baca kalimat itu. ^_^

    BalasHapus
  4. Mari kita sambut esok hari dg semangat dan harapan...
    Nice post mbak. Apa kabar ? lama juga ya aku gak mampir kemari ?

    BalasHapus
  5. aulawi : makasih, wish the best 4 u, too brother

    yunna : time 4 reflection...

    john : %$@&%$*&^%(( ya deh ngikut, aja bersyukur....

    ma ren : kata2 itu diintrepretasikan dari sabda Qur'an mba, kata2nya meresonansikan makna dan motivasi luar biasa...

    the other-nya mba ren : ya lama juga saya ngga blogging :)

    BalasHapus
  6. refleksi ddikuti introspeksi dan langkah pasti :D

    BalasHapus
  7. ya mbak, semua pasti ada hikmahnya. sekarang tahun baru, semangat bar, asa baru...

    moga tahun ini tambah sukses aja mbak :)

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.