Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

30/05/12

Menyiapkan Nama Bayi

Saya tidak menyangka, “proses kreatif” menyiapkan sebuah nama buat calon bayi tercinta nyatanya tidak semudah yang saya bayangkan. William Shakespeare dalam roman Romeo and Juliet, boleh saja berujar “Apalah arti sebuah nama ?”, namun bagi banyak orang nama boleh jadi representasi sebuah doa dan harapan, memperjelas trah atau garis keturunan, bahkan merefleksikan tingkat kreativitas si orang tua dalam menyusun rangkaian kata.

Ya, alasan yang terakhir ini memang murni penilaian saya pribadi karena tergelitik sekaligus terbengong-bengong dengan nama-nama anak jaman sekarang yang biasanya panjang-panjang kayak gerbong kereta (biasanya terdiri dari MINIMAL 3 kata). Bukannya apa-apa, pengalaman saya pribadi memiliki nama yang lumayan panjang kadang bikin ribet juga. Proses mengisi berbagai jenis formulir jadi lebih lama, durasi waktu mengerjakan LJK ujian juga terpangkas hanya buat membulatkan kolom nama, nama di kartu ATM juga harus disingkat (hehe, yang ini alasan nggak rasional sih).

Tapi bagi saya pribadi, nama buat calon bayi kalo bisa tak perlu panjang-panjang. Keep it simple lah, sederhana tapi penuh makna. Untungnya soal ini, si ayah tidak pernah complain karena selalu manut saja dengan beberapa usulan yang saya tawarkan. Cuma yang jadi sedikit masalah, ternyata proses kreatif membuat nama tadi harus berbenturan dengan “pesanan” si eyang atau komentar negatif dari keluarga lainnya. Yang harus beginilah, tidak boleh begitulah, fiuuuhh. Sesuatu yang mestinya simple malah jadi menguras fikiran. Padahal seperti apapun nama yang disematkan orangtua kepada anak mereka tentu adalah yang terbaik dalam pandangan si orang tua. Namun pasangan muda seringkali mendapat intervensi yang berlebihan dari berbagai pihak ketika mereka baru belajar merajut pilihannya sendiri (jujur yang ini curhat pribadi ;P).

Bicara soal nama, di masyarakat pun masih ada kepercayaan yang berkembang, kalau si anak sering sakit-sakitan atau sering tertimpa sial, atau nakalnya bukan kepalang, maka orang tua boleh mengganti nama si anak. Ya tujuannya supaya nasib atau peruntungan anak tadi berubah menjadi lebih baik. Nah, tentang ini ada cerita dari ibu mertua saya sendiri yang juga punya pengalaman mengganti nama (entah apa alasannya). Di akta kelahiran suami tertulis nama ibu mertua yang asli, sedangkan pada KTP sekarang nama ibu mertua sudah berubah menggunakan nama baru. Akhirnya perbedaan nama ini sempat bikin masalah pas kami mengurus surat-surat nikah dulu. Fiuhhh. Kalo seperti itu apa bisa kami menyampaikan dalil Shakespeare yang fenomenal itu, “Apalah arti sebuah nama, pak?”

Balik lagi ke proses menyiapkan nama buat calon buah hati, biasanya para orang tua lebih senang berburu nama dari buku arti nama buat bayi, atau kalau ada koneksi internet ya langsung surfing ke situs-situs penyedia ribuan nama bayi. Tinggal pilih pingin nama berbahasa apa, Jawa, Arab, Sunda, sampai Italia tinggal googling saja. Sebagian orangtua senang menyiapkan nama-nama berbahasa asing dengan alasan punya garis keturunan indo (Indonesia maksudnya hehe), supaya beda, biar keren, dll. Namun hati-hati karena kalau pada akhirnya malah bikin orang lain salah tulis atau salah eja, malah bakal menyulitkan bukan?

Finally, menyiapkan nama bayi memang cukup menyenangkan sih. Saya sendiri sudah menyimpan beberapa pilihan buat calon bayi kami , yah meski masih harus utak-atik lagi biar benar-benar merefleksikan harapan kami sekaligus bisa mengakomodir keinginan para eyangnya.

Four months again, insyaallah… Can’t wait to see you born, my dear love.

14 komentar:

  1. wah moga lahir dengan selamat ya sist, sehat Ibu n anaknya..amiiin
    btw co pa ce nih calon ponakanku hehehe

    BalasHapus
  2. tp kyknya nama anaknya diakhiri dg nama bapaknya "Waringin" hehehhee... *soktau.com

    BalasHapus
  3. @ aulawi : amin, cowok cewek sama saja yang penting sehat

    @ tiwi : hemmmm, yg itu nggak masuk daftar nama pilihan ibunya qeqeqeqe

    BalasHapus
  4. jiaaaaah... mbak Ros... seraya ikut berdoa untuk kebahagiaan semua-muanya... hehe
    saya tunggu update kabar adik kecilnya.. hehe
    soal yang ini, "Namun pasangan muda seringkali mendapat intervensi yang berlebihan dari berbagai pihak ketika mereka baru belajar merajut pilihannya sendiri"
    ijin mencermati dan memahami lebih mendalam.. hehe

    BalasHapus
  5. lama gak mampir Ned, iya mohon doanya ya
    napa koq ngambil quote yg itu? someday u gonna feel it koq hehe

    BalasHapus
  6. iya.. lagi TA nih. hehe
    semoga yang diberikan kebaikan untuk proses kelahiran dan pemberian nama. :)
    soal qoute, masih tetep relevan kok. hehe

    BalasHapus
  7. semangat ya tante....kita jg sudah tidak sabar menunggu keponakan, biar tambah rame. Ada al, el, fibby dan calon keponakan di rumah kita bersama BC

    BalasHapus
  8. Mbak Rosi... ternyata hamil ya sekarang? Selamat ya.. semoga saja kandungannya sehat sampai saat melahirkan kelak. Dan semoga persalinannya lancar. Aamiin..

    Iya, mbak.. aku lama absen ngeblog nih. Ada aja halangan dan kendalanya, dan itu semua membuatku makin malas ngeblog.

    BTW, aku suka dengan template barunya.. keren lho. :) Mau titip salam gak buat Sonya dan Lieta? :)

    BalasHapus
  9. Bicara soal nama, di masyarakat pun masih ada kepercayaan yang berkembang, kalau si anak sering sakit-sakitan atau sering tertimpa sial, atau nakalnya bukan kepalang, maka orang tua boleh mengganti nama si anak. Ya tujuannya supaya nasib atau peruntungan anak tadi berubah menjadi lebih baik
    #aku juga ngalamin itu mbak. sering sakit2 an waktu kecil. ahire diganti namae :)

    apa kabar mbak?

    BalasHapus
  10. @ mas ferry (my spaceship) : hehe bikin PAUD brilliant kids mas...

    @ mba reny (catatan kecilku): mungkin ada kalanya kita dilanda hiatus (kemalasan menulis tingkat akut) ya mbak... sama kyk saya... ada aja alasan yg bikin males. sampe2 Pagerank yg uda 3 melorot ke 2 lagi hadewwww... apa ini bawaan bayi juga ya????? qiqiqiqiqi .... *nyari alibi mode on*
    AMIN makasih doanya ya mbak ren. iyah, salamin buat LIta sama Sonya

    @jimox : wah surprise ada om jimox, sobat blogger yg lama menghilang.... pastinya nama yg sekarang bawa banyak berkah ya

    BalasHapus
  11. nama, sederhana tp begitu berarti bagi seseorang :)

    BalasHapus
  12. memang benar, nama adalah doa, tapi jangan sembarangan juga kita ngasih nama bayi itu dari al-quran. nanti mentang2 dari al-quran tapi ga tau artinya. bisa fatal @_@

    Jasa SEO

    BalasHapus
  13. Setiap nama itu pasti memiliki arti ..

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.