Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

26/10/08

TENTANG LASKAR PELANGI

Laskar Pelangi memang luar biasa. Betapa kita musti bersyukur memiliki pribadi seperti Andrea Hirata yang telah menyentuh hati kita tentang makna hidup dari kesederhanaan anak-anak Belitong yang luar biasa.

Membaca kisah Laskar Pelangi membawa ingatanku ke masa beberapa tahun lalu. Masa-masa berat translasi dari mimpi dan cita-cita ke dunia realita. Suatu masa dimana aku masih bertarung dengan egoisme, kesombongan, dan kekecewaan terhadap Tuhan…

Masa itu, masa dimana aku dipertemukan dengan pribadi-pribadi sederhana, yang tanpa kusadari dari kesederhanaan mereka tumbuh ilmu dan pengalaman hidup yang begitu menyentuh. Mereka bukan siapa-siapa.

Mereka bukan anak Bupati atau anak dokter. Mereka segolongan anak-anak desa yang menganggap bahwa pendidikan diploma di kota kecil ini adalah sebuah kemewahan. Mungkin terlalu naïf jika aku harus membandingkan mereka dengan kawan-kawan lain yang punya segudang jalan dan sejuta fasilitas untuk mewujudkan mimpi mendapatkan predikat sebagai “anak UI” atau “arek Unair” .

Kesederhanaan orang-orang ini, ketegaran mereka, pengalaman hidup yang mereka punya telah mengajarkan aku untuk berdamai dengan dunia kala itu.Aku malu, malu pada diriku, malu pada Tuhanku. Diri ini mungkin ngga ada apa-apanya jika harus dibandingkan dengan kepolosan sosok Watik yang harus kerja banting tulang, sementara kedua orangtuanya entah ada dimana…
Atau Dian, gadis dari keluarga sederhana yang dikaruniai kecerdasan luar biasa, kontras dengan sosok adiknya yang mengalami keterbelakangan mental. Dia ibarat eidelweiss yang mekar di puncak Semeru.
Juga Dodhi, yang begitu bersahaja dengan kreativitas dan kemampuan leadershipnya yang mungkin bisa saja mengantarnya menjadi presiden BEM di PTN terkenal.
Terkadang kita terlalu dibutakan oleh dunia, oleh mimpi-mimpi semu yang kadang membuat kita berfikir kerdil. Setiap insan pasti memiliki impiannya masing-masing. Bersyukurlah buat mereka yang diberi jalan untuk bias mewujudkan mimpinya. Namun bagi mereka yang belum bias mendapatkan impiannya, selalu ada rencana B kan ?
Kalaupun nasi telah berubah menjadi bubur karena kebanyakan air, buburnya jangan dibuang. Beli aja beberapa ons daging ayam, sedikit taburan bumbu, ditambah sentuhan citarasa bawang goreng, plus adukan ketawakalan. Jadilah bubur ayam special.
Kita ngga pernah tahu hikmah apa yang ada dibalik kehendakNya.
Kadangkala Dia menghilangkan matahari dalam sejenak, bahkan Dia menurunkan awan hitam, guntur dan petir. Puas hati kita mencari matahari, ternyata Allah menghadiahkan pelangi untuk kita. Allah give us what we need, not we want. Terlalu banyak nikmat yang harus disyukuri daripada derita yang disesali. Setujuuuu ngga ?

2 komentar:

  1. sederhana saja dalam hidup itu " just Do it with Alloh And heart" seberapa keras kita terjatuh masih ada teman, sahabat, keluarga yang siap mendukung kita.
    memang tidak lah mudah tapi lihatlah laskar pelangi tak akan pernah mati tak akan terikat waktu.

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.