Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

20/04/10

Une Femme Honorable


Takdir telah mencatatkan duka mendalam pada lembar sejarah Polandia manakala presidennya beserta sang ibu negara wafat dalam sebuah kecelakaan pesawat di langit Rusia beberapa waktu lalu. Catatan tragis ini lalu menggelitik rasa penasaran saya untuk mengenal Polandia lebih dekat.

Sejujurnya memang tidak banyak yang saya tahu tentang negeri di sebelah timur Belarusia ini. Hanya benderanya saja saya hafal yang sejak SD, persis dengan warna bendera NKRI tapi terbalik. That’s all.

Perjalanan di antara labirin-labirin rasa penasaran itu lantas menautkan saya pada sebuah memoar bertajuk “Une Femme Honorable”. Rekam jejak wanita kelahiran Polandia, 7 November 1867 bernama Marie Curie. Spontan ingatan saya melaju pada matrikulasi kelas 1 SMA sepuluh tahun yang lalu, bab Kimia Unsur. Terimakasih Tuhan telah memberikan guru kimia yang sangat brilian hingga saya masih bisa mengingat istilah "kimia unsur" yang terdengar begitu terpelajar dan sangat...buku.

Sebelum pembicaraan ini menyimpang terlampau jauh, saya ingatkan bahwa wanita yang kita bicarakan ini memang sosok yang luar biasa cerdas, tekun dan setia. Peraih nobel fisika tahun 1903 bersama sang suami, Pierre Curie, praksis Marie dan Piere mengabdikan hidupnya secara total pada penelitian tentang radium. Bahkan akibat intensitas pekerjaan keduanya di lab, baik Marie mapupun Pierre tidak sadar telah terimbas efek radiasi yang mematikan. Jari-jari Marie melepuh seperti terbakar, tubuh wanita ini pun menjadi lemah dan sering sakit-sakitan. Mereka tanpa sadar telah menjadi korban dari penemuan mereka sendiri. Sungguh ironis...

Tahun 1906, Pierre Curie meninggal dunia. Marie dilanda duka luar biasa. Duka inilah yang lantas mengilhaminya untuk menuliskan segala kesedihan itu pada lembar-lembar diari yang pada akhirnya diangkat menjadi biografi populer berjudul “Une Femme Honorable”(Wanita yang Mulia).


Going the extra miles... mungkin itulah kata-kata ajaib yang melecutkan bara semangat buat para pejuang hidup termasuk Marie Curie. sambil menyeka duka, ia terus menekuni penelitiannya tentang radium yang kelak akan sangat mempengaruhi kosmos politik dunia.

Tahun 1911, kedua kalinya Marie mendapatkan Nobel untuk keberhasilannya mengisolasi radium kali ini di bidang Kimia, tanpa Pierre...


Mudah-mudahan setangkup kecil biografi ini mampu menginspirasi kita ...





21 komentar:

  1. Marie Curie, sangat mengesankan jalan hidupnya. Semangatnya. Aku jadi ingat wasktu membaca bukunya "Marie Curie: Wanita Penemu Radium" saat masih di SD dulu. Review keren, mbak.

    BalasHapus
  2. kesedihan menjadikan wanita luar biasa ini meraih nobel.

    inspirtaif....

    * selamat sore,salam kenal mba...dan trima kasih sdh mengunjungi rmh virtualku.

    BalasHapus
  3. sungguh wanita yang luar biasa...tq dah berbagi :)

    BalasHapus
  4. Marie Curie... kisah hidupnya sangat menginspirasi kaum wanita untuk tak lelah berkarya.
    Nice post mbak.. maaf baru sempat mampir lagi.

    BalasHapus
  5. Pengorbanan dan ketekunan Marie Curie... rasanya pas diposting utk merayakan Hari Kartini.

    BalasHapus
  6. hebat Marie Curie...tak henti berjuang...

    BalasHapus
  7. thanks neh mbak biografinya marie curie nya, ehmmm salute...

    BalasHapus
  8. wah untuk postingan hari kartini ea, pas sekali mbak, menginspirasi...

    BalasHapus
  9. pengetahuan yg menarik. aku belom pernah baca ttg marie ini, huhu menyedihkan ya

    BalasHapus
  10. wah, aku baru denger namanya marie ini, dan hiii.... abis ak ga suka baca biografi oranggg

    BalasHapus
  11. Salah satu ilmuwan favorit saya..

    BalasHapus
  12. Tentu saja menginspirasi saya. Sudah lama saya mengagumi sang Marie, kami sama-sama Scorpio lho.

    BalasHapus
  13. Maria Cure merupakan wonder woman yang sebenarnya. Oia mbak, tagnya baru aja selesai saya kerjakan. Sori baru sekarang bisa ngerjainnya :D

    BalasHapus
  14. Mbak aku datang bawa award... Diterima ya...?

    BalasHapus
  15. @ivan : emang keren ya biografinya
    @senja : moga ketekunannya bs mjd teladan mba
    @aulawi : thanks juga bang
    @mba reni : met hari kartini juga ya mba
    @si roel : yup, jarang2 nih ada tokoh penemu wanita
    @nuansa pena, buwel, achen : moga2 menginspirasi
    @mocca chi, clara : hehe, baca biografi ntu
    asyik banget loh
    @wong crew child : padahal posting ini karena pas habis baca biografinya ngga sengaja di pasin sm momen kartini hehe
    @ajeng,eve : setuju
    @newsoul : sama2 scorpio ya mbak ternyata
    @anggi : lagi sibuk banged yah, thanks uda dikerjain tagnya, Nggi'
    @mba reni : maturnuhun awardnya mba...
    @achen, buwel : thanks

    BalasHapus
  16. Going the extra miles...
    Sependapat!

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.