Channel Youtube Rosi Atmaja : Pembahasan soal Identitas Trigonometri

Channel Youtube Rosi Atmaja : Seri Parenting membuat kalung sendiri dari manik-manik

17/05/09

Kenapa Flash Disk Rusak ?

Hari-hari terakhir ini saya harus kembali menelan kenyataan pahit ditinggalkan oleh flashdisk kesayangan. Bukan ditinggalkan sih, lebih tepatnya rusak, intinya uda ngga bisa digunakan lagi. Ini kali kedua saya mengalami hal serupa.
Kronologisnya, waktu itu lagi nyobain ngenet di warnet baru deket rumah. Lumayan kan ngga harus menggeber tunggangan kalo Cuma pengin posting atau cek email. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, Semarang ibukota Jawa Tengah (hehe yang terakhir ngaco…), habis masang socket flashdisk ke port USB, sama sekali ngga ada komentar yang muncul di layar. Saya coba intip di jendela explorer juga belum muncul juga. Beberapa menit kemudian, saya cabut flash disk dari port. Sempet kaget juga karena flashdisk tiba-tiba terasa panas dan bau seperti benda terbakar. Aneh, soalnya setelah dicek sama si empunya warnet pake flash disk laen ternyata bisa detect. Jadi bingung, ada apa dengan flash disk saya ?


Seingat saya sejauh ini saya selalu mematuhi dan mengamalkan undang-undang di dalam memperlakukan flashdisk secara baik dan benar, diantaranya :
1. Menjauhkan dari pengaruh medan magnet kuat kayak TV, handphone, dan benda- benda sejenis lainnya.
2. Menghindarkan dari air meski sudah diklaim oleh vendor sebagai waterproof
3. Selalu melakukan proses virus scan
4. Melakukan proses eject sebelum mencabut flash disk dari port USB
5. Menjauhkan dari sinar matahari langsung
6. Menghindarkan dari benturan keras
7. Selalu menutup socket flash disk pas lagi ngga dipakai
8. Dan meminimalisir proses hapus tulis langsung dari flashdisk

Paling tidak itulah rambu-rambu yang saya pegang selama ini. Menurut sebuah artikel usia flashdisk berbeda-beda tergantung kualitas dan merk, biasanya berkisar antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis. Sementara umur flashdisk saya sekitar 1, 5 tahun dengan frekuensi pemakaian sedang.
Sempat Tanya ke beberapa teman soal hal ini. Ada yang bilang ini kesalahan pasang socket USB pada CPU, ada juga pendapat kalo CPU ngga bisa support jenis flashdisk tertentu. Setelah saya Tanya ke mbah Google pun belum ada jawaban yang memuaskan. Intinya kalo flashdisk uda rusak ya tamatlah riwayat file-file yang tersimpan di dalamnya, that’s all.
Jadi ingat kali pertama saya kehilangan data-data penting gara-gara flash disk rusak di tempat KKN, padahal umurnya baru beberapa bulan. Kronologisnya benar-benar sama, para flashdisk ini harus mengakhiri hidupnya di komputer orang lain. Padahal waktu itu ada data skripsi, proyek penelitian, naskah-naskah soal yang sudah tertata, presentasi power point, foto-foto , semuanya hilang. Hiks…. Parahnya beberapa bulan kemudian data back up di hardisk juga hilang karena hardisk rusak. Hikz kuadrat ;-(
Oya jujur kedua flashdisk saya yang rusak merk Kingston semua. Saya ngga menyalahkan merk koq, entahlah tapi saya pikir pasti ada alasan lain yang seharusnya bisa menjelaskan kejadian ini, biar ke depannya ngga akan terulang lagi. Mungkin teman-teman ada yang tahu penyebab kenapa flash disk bisa rusak ?

12 komentar:

  1. mana gua tau,,,lha wong flashdisk ane jg rusak sama kyk punya ente,,,
    kirain nie artikel bahas cara ngatasin flashdisk rusak,,,eee ternyata malah curhat toh,,,

    BalasHapus
  2. sama ih Flashdisk gua juga merk Kingston, ada data penelitian ma skripsi juga,,,

    BalasHapus
  3. sama kerusakan sama juga merknya ............ berarti tu merk abal-abal gayanya aja macam flashdisk berkelas

    BalasHapus
  4. aku juga mengalami hal yang sama persis sama situ. rasanya seperti gak punya nyawa kalo pergi ke warnet tanpa flash. sedih juga

    BalasHapus
  5. Kinston memang kayak gitu...

    temen ane semua pake kingston...
    pada banyak yg rusak...
    mending sekalian FD yng bagus...
    kyak SanDisk / Thosiba...
    lebih Awet...

    BalasHapus
  6. Nih sekarang,punya gw,dan Kingston juga rusak...gak kedetect...padahal banyaaak data penting!!! kayaknya Kingston emang abal2 yah....XP
    Harus mulai dari ) lagi deh...Kingston Jancok!!!

    BalasHapus
  7. hiksss....pynq vandisk rusak pula


    hiksssssssssss

    BalasHapus
  8. iya Harganya juga paling murah diantara FD lain nya,, 2 FD Kingkong gue juga rusak.. padahal data kantor seabreg abreg disitu... Temen2 ada yg bisa ngeback Up data FD yg dah ilang ga? kalo ada Share dong..

    BalasHapus
  9. FD saya sandisk 16 GB kejadian nya sama gak kedetek trus panas,,,, d format gk bisa d buka cuma remoble disk.....
    ujung2 nya lemparkan aja...
    isi memang gk penting tpi yg paling sialny kesal ne FD gk da arti ny lagi

    BalasHapus
  10. merek kingston asli di computer kedeteksi
    "Kingston DataTraveller 101" selain itu berarti kingston abal2
    Kata siapa harganya murah??
    Orang 16GB 120-170 an ribu...

    BalasHapus
  11. Kayaknya klo udah jatuh itu dia minta di ganti baru kali yah hehehe

    BalasHapus

Jangan sungkan tinggalkan komentar anda disini agar kita dapat saling berbagi pandangan dan pengetahuan. Salam kenal, dan terimakasih telah berkunjung.